• 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
  • 6

Sekilas Profil Disdikbud

  • Sambutan Kadis
  • Visi:
  • Misi:
Di Era Revolusi Industri 4.0 saat ini, kebutuhan akan informasi yang cepat, mudah dan akurat menjadi kebutuhan utama masyarakat dalam memantau kinerja pemerintah. Oleh sebab itu Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Sulawesi Tengah terus menerus meningkatkan kualitas pelayanan informasi pendidikan melalui website ini.
Kepala Dinas
Drs. H. IRWAN LAHACE., M.Si
Untuk menyelenggarakan tugas urusan Pendidikan di Provinsi Sulawesi Tengah, maka Dinas Pendidikan Dan Kebudayaan Provinsi Sulawesi Tengah periode 2016 - 2021 telah menetapkan Visi yaitu “Terwujudnya Pendidikan Dan Kebudayaan Sulawesi Tengah Yang Maju, Mandiri, Dan Berdaya Saing Melalui Sumber Daya Manusia Yang Terampil, Dan Berkarakter Baik”.
1.Peningkatan akses dan layanan satuan pendidikan menegah dan pendidikan khusus yang luas, adil dan merata;2.Peningkatan kualitas sarana dan prasarana pendidikan dan kebudayaan;3.Peningkatan kwalitas pendidikan tenaga pendidikan dan kebudayaan , baik formal maupun informal;4.Peningkatan akuntabilitas layanan pendidikan dan kebudayaan.
  • SEJARAH BERDIRINYA DISDIKBUD +

    SEJARAH BERDIRINYA DISDIKBUD SEJARAH DAN DASAR HUKUM BERDIRINYA DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN PROPINSI SULAWESI TENGAH. Dalam perkembangan sejarah pembentukan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Propinsi Sulawesi Tengah dapat di bagi dalam dua masa, yaitu : A. Masa sebelum berdiri sendiri (Tahun 1961 – 1965), B. Masa berdiri sendiri (Tahun 1965 sampai sekarang)
  • A. Masa Tahun 1961 – 1965 +

    Sejak tahun 1961 seluruh kegiatan administrasi dan pembangunan di bidang pendidikan menjadi tanggung jawab Pemerintah Daerah Sulawesi Utara dan Tengah yang berkedudukan di Manado, sebagai akibat pemekaran Propinsi di Sulawesi menjadi : 1. Propinsi Sulawesi Selatan dan Tenggara, 2. Propinsi Sulawesi Utara dan Tengah; Dengan adanya pemekaran wilayah tersebut, maka semua kegiatan Administrasi dan Pembangunan di bidang Pendidikan menjadi bagian tanggung jawab dari Kantor Perwakilan Departemen Pendidikan Dasar dan Kebudayaan Sulawesi Utara Tengah (SULUTENG). Untuk lebih mengefektifkan penyelenggaraan Administrasi diadakan pengembangan Wilayah Administrasi Pemerintahan selanjutnya Propinsi Sulawesi Utara Tengah dimekarkan lagi 2 (dua) wilayah Administrasi Pemerintahan secara resmi dilaksanakan tanggal 13 April 1964 yaitu : 1. Propinsi Sulawesi Utara dengan Ibu kotanya di Manado; 2. Propinsi Sulawesi Tengah dengan Ibu kotanya di Palu.
  • B. Masa 10 Mei 1965 sampai sekarang +

    Berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Tanggal 20 Juni 1964 Nomor 51/1964 dan Nomor A.14687/UU. Maka pada Tanggal 10 Mei 1965 dengan resmi dibuka Perwakilan Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Propinsi Sulawesi Tengah, dan penyerahan penyelenggaraan Administrasi Pendidikan dari Propinsi Sulawesi Utara ke Propinsi Sulawesi Tengah pada Tahun 1965 dilaksanakan di daerah Tumbelaka wilayah Desa Tipo, yang pada saat itu bersamaan diserahkannya Penyelenggaraan Administrasi Pemerintahan dari Propinsi Sulawesi Utara ke Propinsi Sulawesi Tengah. Tumbelaka Desa Tipo pada saat itu dikenal tempat persinggahan masyarakat yang bepergian baik dari Kota Palu ke Donggala, maupun dari Donggala ke kota Palu. Pada Tahun 1965, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia melantik Bapak J.F. Kapal sebagai Kepala Kantor Perwakilan Petama di Propinsi Sulawesi Tengah.
  • 1

LAYANAN PUBLIK

Layanan Publik Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Sulawesi Tengah bertujuan memudahkan masyarakat dalam menggunakan layanan yang disediakan untuk kegiatan pendidikan



PUSDAPENDIK

Pusat Data dan Informasi Pendidikan

DAPODIKDASMEN

Layanan Data Pokok Pendidikan Dasar dan Menengah

SIM PKB

Layanan Data GTK - Guru Pembelajar.




UNBK

Layanan Pelaksanaan UNBK

BOS SMA

Layanan Pelaporan Dana BOS SMA

BOS SMK

Layanan Pelaporan Dana BOS SMK

SEKRETARIAT, BIDANG, UPT, DAN CABANG DINAS

Berikut link terkait beerdasarkan Bidang, Unit Pelayanan Tekhnis dan Cabang Dinas



KESEKRETARIATAN

SEKRETARIAT DINAS

P-SMA

BIDANG PEMBINAAN SMA

P-SMK

BIDANG PEMBINAAN SMK




P-PKPLK

BIDANG PEMBINAAN PKPLK

PTK

BIDANG PTK DAN FASILITASI TUGAS PEMBANTUAN

KEBUDAYAAN

BIDANG KEBUDAYAAN

 
T K I P

UPT. TKIP


 

MUSEUM & TAMAN BUDAYA

UPT. PERMUSEUMAN & TAMAN BUDAYA

CABDIS

CABANG DINAS

Empat Pilar “Merdeka Belajar”

Menindaklanjuti arahan Presiden Republik Indonesia Joko Widodo dan Wakil Presiden Republik Indonesia Ma’ruf Amin untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM), Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Anwar Makarim, menetapkan empat program pokok kebijakan pendidikan “Merdeka Belajar”.



  • icon USBN
  • icon UJIAN NASIONAL
  • icon RPP
  • icon PPDB ZONASI


USBN

Arah kebijakan baru penyelenggaraan USBN, kata Mendikbud, pada tahun 2020 akan diterapkan dengan ujian yang diselenggarakan hanya oleh sekolah. Ujian tersebut dilakukan untuk menilai kompetensi siswa yang dapat dilakukan dalam bentuk tes tertulis atau bentuk penilaian lainnya yang lebih komprehensif, seperti portofolio dan penugasan (tugas kelompok, karya tulis, dan sebagainya). “Dengan itu, guru dan sekolah lebih merdeka dalam penilaian hasil belajar siswa. Anggaran USBN sendiri dapat dialihkan untuk mengembangkan kapasitas guru dan sekolah, guna meningkatkan kualitas pembelajaran,” terang Mendikbud.

 



UJIAN NASIONAL

Selanjutnya, mengenai ujian UN, tahun 2020 merupakan pelaksanaan UN untuk terakhir kalinya. “Penyelenggaraan UN tahun 2021, akan diubah menjadi Asesmen Kompetensi Minimum dan Survei Karakter, yang terdiri dari kemampuan bernalar menggunakan bahasa (literasi), kemampuan bernalar menggunakan matematika (numerasi), dan penguatan pendidikan karakter,” jelas Mendikbud.



Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)

Sedangkan untuk penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Kemendikbud akan menyederhanakannya dengan memangkas beberapa komponen. Dalam kebijakan baru tersebut, guru secara bebas dapat memilih, membuat, menggunakan, dan mengembangkan format RPP. Tiga komponen inti RPP terdiri dari tujuan pembelajaran, kegiatan pembelajaran, dan asesmen. “Penulisan RPP dilakukan dengan efisien dan efektif sehingga guru memiliki lebih banyak waktu untuk mempersiapkan dan mengevaluasi proses pembelajaran itu sendiri. Satu halaman saja cukup,” jelas Mendikbud.

 



Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Zonasi.

Dalam penerimaan peserta didik baru (PPDB), Kemendikbud tetap menggunakan sistem zonasi dengan kebijakan yang lebih fleksibel untuk mengakomodasi ketimpangan akses dan kualitas di berbagai daerah. Komposisi PPDB jalur zonasi dapat menerima siswa minimal 50 persen, jalur afirmasi minimal 15 persen, dan jalur perpindahan maksimal 5 persen. Sedangkan untuk jalur prestasi atau sisa 0-30 persen lainnya disesuaikan dengan kondisi daerah. “Daerah berwenang menentukan proporsi final dan menetapkan wilayah zonasi,” ujar Mendikbud.

 

PARTNER KAMI

 



  • Kami berharap, website ini memberikan informasi yang bermanfaat tentang Pendidikan di Sulawesi Tengah
    Drs. H. IrwanLahace, M.Si Kepala Dinas
  • 1
  • 2

PEJABAT DISDIKBUD SULTENG

 

KEPALA DINAS

Drs. H. IrwanLahace, M.Si

SEKRETARIS

Chwarismy Shindy, S.Sos, M.Si

KABID P-SMA

Muhlis, S.Pd, M,Si

KABID P-SMK

Dr. Hj. Hatijah Yahya, M.Si

KABID P-PKPLK

Dr. Minarni Nongtji, S.Pd, M.Si

KABID PTK DAN FASILITASI TUGAS PEMBANTUAN

Asrul Achmad, S.Pd.,M.Si

KABID KEBUDAYAAN

Dr. Ranchman Ansyari, M.Pd

KEPALA UPT TKIP

Muh. Irwan Mumu, S.Sos., M.Si

KEPALA UPT. TAMAN BUDAYA DAN MUSEUM

Sri Ramlah Sari,S.Pd,M.Pd

KEPALA CABANG DINAS WIL. I

Hj. Maimun, S.Sos

KEPALA CABANG DINAS WIL. II

Intjesari Pasau,S.Pd,M.Si

KEPALA CABANG DINAS WIL. III

Alwi Achmad Musa, S.Sos

KEPALA CABANG DINAS WIL. IV

Syahrul, S.Pd

KEPALA CABANG DINAS WIL. V

Drs. Abdurrahman Abdillah Y. R., M.Si

KEPALA CABANG DINAS WIL. VI

Hamka Puasa, S.Pd

KOORDINATOR PENGAWAS

Drs. Salim, M.Si

Please enter the email address associated with your User account. Your username will be emailed to the email address on file.

Hubungi Kami

Anda dapat menghubungi kami dengan menggunakan aplikasi dibawah ini

 


Phone/Email:
(0451)
Address:
JL. SETIA BUDI NO.9 PALU,
SULAWESI TENGAH - INDONESIA