LOGIN ADMIN DINAS / OPERATOR
FOTO KEPALA DINAS

Drs. H. IRWAN LAHACE, M.Si
NIP. 19610808 198112 1 007

RADIO STREAMING
    Radio Pendidikan Sulawesi Tengah
    SUARAEDUSULTENG

Share This Articel on :
SOSIALISASI IMPLEMENTASI KAWASAN TANPA ROKOK DI SEKOLAH
Ditulis oleh : Habibu - Bidang :

15 Mei 2018 - 21:43:13 WIB

Disdikbud-sulteng. Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Sulawesi Tengah, Drs. H. Irwan Lahace, M.Si menjadi narasumber dalam kegiatan “Sosialisasi Implementasi Kawasan Tanpa Rokok (KTR) di Sekolah Tingkat Provinsi Sulawesi Tengah” yang dilaksanakan oleh Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Tengah di hotel best western palu (Senin, 14/05).

Pada kesempatan tersebut Kepala Dinas membawakan materi dengan judul “KEBIJAKAN KAWASAN TANPA ROKOK DI LINGKUNANGAN SEKOLAH SESUAI DENGAN PERMENDIKBUD NOMOR 64 TAHUN 2015”. Kepala Dinas memulai dengan memaparkan hasil survei kondisi perokok indonesia dan posisi sulawesi tengah. Kemudian beliau melanjutkan dengan memaparkan Regulasi KTR mulai dari dasar hukumnya yaitu UUD 1945 dalam Pasal 28 H ayat 1, kemudian dikuatkan dengan Permendikbud No. 64 Tahun 2015 tentang KTR dilingkungan sekolah, Undang-undang Kesehatan No. 36 Tahun 2009, serta Peraturan Bersama Menteri Kesehatan dan Menteri Dalam Negeri No.188/Menkes/PB/I/2011 tentang Pedoman Pelaksanaan Kawasan Tanpa Asap Rokok.

Beliau juga mengingatkan pentingnya Revolusi Mental dan Pendidikan Karakter sebagai bagian dari nawacita presiden, hal ini didasarkan pada Pancasila, Pasal 4 ayat (1) UUD 1945 Amandemen, Pasal 31 ayat (3) UUD 1945 Amandemen, Undang-undang nomor 20 Tahun 2003, Instruksi Presiden Nomor 12 Tahun 2016 Tentang Gerakan Revolusi Mental, Permendikbud Nomor 23 tahun 2015 Tentang Penumbuhan Budi Pekerti dan Peraturan Presiden Nomor 87 tahun 2017 tentang Penguatan Pendidikan Karakter.

Diakhir materi beliau menegaskan bahwa yang diperlukan sekarang adalah Komitmen bersama dalam menjalankan peraturan-peraturan yang telah ada.

Kegiatan ini dibuka oleh Gubernur Sulawesi Tengah yang diwakili oleh Staf Ahli Gubernur Bidang Ekonomi Pembangunan dan Kesehatan Masyarakat, H. Ardiansyah Lamasitudju, S.Pd.,M.Si. Dalam sambutannya yang dibacakan, gubernur menyambut baik kegiatan tersebut sebagai bagian dari peningkatan kualitas kesehatan masyarakat karena setiap orang berhak untuk menghirup udara tanpa asap rokok. Gubernur berharap agar seluruh unsur yang telibat dalam kegiatan tersebut dapat menjalankan peraturan dan ilmu yang didapat dalam kegiatan tersebut.

Bedasarkan Laporan Ketua Panitia, peserta dalam kegiatan ini adalah kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten/Kota dan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota Provinsi Sulawesi Tengah. Dalam kegiatan ini juga dilakukan Penandatanganan MoU antara Dinas Pendidikan dan Kebudayaan dengan Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Tengah.

Lihat Galeri Foto 

JAJAK PENDAPAT
Bagaimana menurut anda tentang Kurikulum 2013 yang akan dicanangkan pada tahun ajaran mendatang?
Sangat Bagus
Bagus
Sangat Bagus
Bagus
Sangat Bagus

HASIL POLLING
PENGUMUMAN TERBARU
STATISTIK PENGUNJUNG
  • Browser :
  • OS : Unknown Platform
  • Dikunjungi sebanyak : 38725 kali